selalu belajar menjadi lebih bijaksana*
lagi dan lagi..

Database Arsip Surat dan Instalasi YII

Anyeong chingu :)
Salam kenal dari programmer amatir yii yang masih belajar :)
Di sini saya akan membahas bagaimana membuat sebuah aplikasi web Pengarsipan Surat Masuk dan Surat Keluar. Ini adalah project magang saya selama 3 bulan di Yayasan AirPutih “connected the unconnected” yang kantornya terletak di Pasar Minggu.
Curcol dulu sedikit, bisa dibayangkan bagaimana saya bolak-balik dari Rawa Buaya (Cengkareng) – Pasar Minggu 5 hari kerja selama 3 bulan, tapi suka bolos-bolos masuk juga sih hehehe :) Nah, belum lagi masalah LDR with ‘oppa’, yang dia juga lagi magang di PLN Gandul, tuh kan kebayang gimana beratnya hari-hari yang saya lalui, nahan kangennya itu loh. Ups !!

Oke fokus lagi. Di sini saya membuat database dengan nama db_arsip_surat yang terdiri atas 4 tabel yaitu surat_masuk, surat_keluar, tbl_images, dan tbl_manajer.


Saya jelaskan dulu.
Surat masuk ini berfungsi menampung semua inputan surat yang masuk ke kantor Yayasan AirPutih, yang nantinya akan di-input oleh admin dan dapat dilihat oleh manajer.
Surat keluar berfungsi menampung semua surat yang akan diberikan kepada mitra Yayasan AirPutih, yang mana admin bertugas membuat suratnya, kemudian sebelum dicetak, manajer akan mengecek terlebih dulu isi surat tersebut. Di sini manajer berhak menyetujui surat dan menolak (dalam arti memberikan koreksi untuk diperbaiki isi suratnya). Setelah manajer menyetujui surat tersebut, admin dapat mencetak dan mengirimkannya.
Tbl images berfungsi menampung gambar yang berupa logo dan alamat kantor Yayasan AirPutih, yang digunakan sebagai kop surat saat surat dicetak.
Tbl manajer berfungsi menampung koreksi dari manajer, termasuk menyetujui atau menolak surat keluar. Sehingga tbl manajer ini berelasi dengan surat keluar.

Nah di sini saya buat dengan nama arsip, di dalam folder arsip terdapat 2 buah yii yaitu arsipsurat (yang digunakan oleh admin) dan arsipsurat_manajer (yang digunakan oleh manajer). Sebenarnya cara saya membuat 2 yii ini adalah saya menginstal satu per satu dan disimpan ke htdocs, kemudian saya copy dan paste di htdocs/arsip. Lalu crud satu per satu yii nya. Di sini ga perlu saya jelaskan cara crudnya ya, saya anggap sudah terbiasa meng-crud yii.
Ini tampilan awalnya..


Ketika kita klik admin, maka akan tampil seperti gambar yang ini..


Dan ketika kita akan masuk sebagai manajer maka akan tampil gambar yang ini..


Nah, karena ada 2 yii maka kita harus meng-crud kedua yii tersebut dengan semua tabel yang ada di database. Jadi di sini saya menggunakan database yang sama untuk 2 yii yang saya gunakan.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS
Read Comments

8 komentar:

! mengatakan...

assalamualaikum, mba bisa minta source code yii tentang surat menyurat gak

ai sTarLoVe mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
ai sTarLoVe mengatakan...

wa'alaikumsalam..
boleh, tapi kalo mau minta semuanya jgn sekarang ya.. soalnya ini buat bahan sidang magang saya.. tp sidangnya bulan juni nanti.. jadi saya ga bisa kasih semuanya kalo sekarang :)

aa mengatakan...

bang, kirimin ke email dong source code nya. ane blm dapet ttg print surat dari yii sama halaman login pas awal manggil situs nya. biar ga langsung index, tp login dlu kyk punya agan. email ane karimasen@yahoo.com

Unknown mengatakan...

assallammualaikum..
saya bisa lihat isi semua databasenya .. ?
dan tampilan lain nya bisa ditampilkan, jika bisa boleh kirim ke email saya mjannah32@gmail.com
terimakasih sebelumnya

Unknown mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Abdul Hae mengatakan...

bisa minta sourcodenya, buat tugas akhr
smakotaluwuk@gmail.com
tolong ya ???

FAIRINIME mengatakan...

bang boleh minta source code nya ngga?

Posting Komentar