selalu belajar menjadi lebih bijaksana*
lagi dan lagi..

Pertemuan 1 - Perbedaan ERD dan Class Diagram


ERD merupakan suatu model untuk menjelaskan hubungan antar data dalam  basis data  berdasarkan objek-objek dasar data yang memiliki hubungan antar relasi.


Simbol-simbol dalam ERD

Nah, perbedaan antara garis tebal dan garis tipis adalah untuk menunjukkan weak entity-nya.


Class diagram merupakan diagram yang menunjukan adanya klas-klas dan hubungan dengan sudut pandang logika dari sebuah sistem.

Class diagram menggambarkan struktur dan deskripsi class, package, dan object beserta  hubungan satu sama lain.


Sebuah class memiliki tiga area  pokok :
- Nama, merupakan nama dari sebuah kelas
- Atribut, merupakan properti dari sebuah kelas
- Operasi, merupakan tindakan yang dapat dilakukan oleh kelas lain terhadap sebuah kelas

Perbedaan ERD dan class diagram:

Notasi yang sering digunakan dalam class diagram:

Class



Class adalah blok-blok pembangun pada pemrograman berorientasi obyek. Sebuah class digambarkan sebagai sebuah kotak yang terbagi atas 3 bagian. Bagian atas adalah bagian nama dari class. Bagian tengah mendefinisikan atribut class. Bagian akhir mendefinisikan method-method dari sebuah class.
Assosiation
Sebuah asosiasi merupakan sebuah relationship paling umum antara 2 class, dan dilambangkan oleh sebuah garis yang menghubungkan antara 2 class. Garis ini bisa melambangkan tipe-tipe relationship dan juga dapat menampilkan hukum-hukum multiplisitas pada sebuah relationship (ex. One-to-one, one-to-many, many-to-many).

Composition
Jika sebuah class tidak bisa berdiri sendiri dan harus merupakan bagian dari class yang lain, maka class tersebut memiliki relasi composition terhadap class tempat dia bergantung tersebut. Sebuah relationship composition digambarkan sebagai garis dengan ujung berbentuk jajaran genjang berisi (padat).
Dependency
Kadangkala sebuah class menggunakan class yang lain. Hal ini disebut dependency. Umumnya penggunaan dependency digunakan untuk menunjukkan operasi pada suatu class yang menggunakan class yang lain. Sebuah dependency dilambangkan sebagai   sebuah panah bertitik-titik.
Aggregation
Agregasi mengindikasikan keseluruhan bagian relationship dan biasanya disebut sebagai relasi "memiliki sebuah" atau "bagian dari". Sebuah agregasi digambarkan sebagai sebuah garis dengan ujung berbentuk jajar genjang yang tidak berisi (tidak padat).
Generalization
Sebuah relasi generalisasi sesuai dengan sebuah relasi inheritance pada konsep berorientasi obyek. Sebuah generalisasi dilambangkan sebagai sebuah panah dengan kepala panah yang tidak berisi (tidak padat) yang mengarah ke kelas induknya (parent).

Contoh relasi pada ERD dan Class Diagram


Latihan ...


Jawab:





Sumber:
- resume slide bu dine
http://blog.re.or.id/erd-entity-relationship-diagram.htm
http://elib.unikom.ac.id/files/disk1/438/jbptunikompp-gdl-agungmulyo-21884-8-8daftar-l.pdf

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS
Read Comments

2 komentar:

putra jubata mengatakan...

jadi intinya isi dari diagram erd harus sama dengan klas diagram ya?

Anonim mengatakan...

jika merujuk pada perbedaan gambar

ERD lebih kompleks dengan keterhubungan struktur data (database) nya.
Sedangkan class yaitu menggambarkan secara "garis besar" keterkaitan antara sub2 sistem (CLASS) yang ada.

artinya struktur data kompleks yang tadinya (data2nya)terpecah (bercabang) pada ERD , bisa digabung/ diasosiasikan (dalam konteks class) untuk meenggambarkan atau merepresentasikan suatu "CLASS" yang utuh.

Posting Komentar